Pengantar Panitia BCF2

Borobudur adalah salah satu puncak pencapaian kebudayaan Indonesia, patut digemakan menjadi nama dan tempat bagi penyelenggaraan kegiatan seni kreatif. Setelah sukses menggelar Borobudur Cartoonists Forum 1, pada Agustus 2017, komunitas kartunis dan pegiat media kembali menyelenggarakan  Borobudur Cartoonist Forum 2 (BCF2), 22-23 September 2018.

 

Ajang temu kartunis dan para pegiat media kali ini bertemaAbad Visual,  untuk merefleksikan perkembangan teknologi digital yang serba-visual. Bagaimana teknologi mutakhir ini digunakan dan berguna bagi masyarakat. Sedikitnya 200 kartunis dan peminat seni visual dari berbagai kawasan di Indonesia berkumpul untuk berdiskusi dan beraksi dalam forum selama dua hari ini.

 

BCF2 menggelar beragam kegiatan, mencakup: seminar, diskusi, lokakarya, pameran, dan lomba. Pameran kartun internasional, bertema “Abad Visual,” menghadirkan karya kartunis dari berbagai penjuru dunia. Seminar, diskusi, dan lokakarya menghadirkan pembicara dan narasumber yang kompeten di bidangnya. Selain sebagai forum pertemuan komunitas kartunis dan pegiat media, BCF2 juga diikuti perwakilan pemerintah, sektor swasta, budayawan, pelajar, mahasiswa, jurnalis, dan akademisi.

 

BCF2 merupakan kegiatan seni dan atraksi untuk menambah daya tarik kawasan Borobudur sebagai destinasi wisata. Untuk membangun interaksi antara komunitas kartunis, pegiat media, dengan wisatawan dan masyarakat di kawasan Borobudur. Menggugah minat pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat untuk mengapresiasi kartun sebagai seni yang mencerdaskan, selain sebagai sarana kampanye program atau sosialisasi.

 

Dalam inspirasi keindahan dan kemegahan Borobudur, kami sampaikan terima kasih kepada berbagai pihak yang mendukung terlaksananya BCF2. Kepada Gubernur Jawa Tengah, Bapak Ganjar Pranowo, yang bersedia membuka acara ini; kepada Kementerian Pariwisata, kepada pembicara utama Bapak Erros Djarot, para narasumber, dan juga pada kartunis dan pegiat media yang berkarya dan menjadi peserta. BCF2 dapat terselenggara berkat kelibataj berbagai perkumpulan kartunis, bantuan sponsor dari PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III, Bank BRI, Djarum Foundation, Sinar Mas Land, Camera House, dan galeri Bumayasasta. 

(Lukas Luwarso)

 

Sponsor dan donatur kegiatan BCF2:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *