Yuk Diskusi soal Jawa Tengah

Penyulut semangat untuk para peserta Lomba Kartun Jawa Tengah dengan jatah waktu yang sangat sempit.

Sekadar “menyulut” dan mencolek daya kreativitas anda ketika kesulitan mencari titik temu dan pijakan tema: “Jawa Tengah Sumringah”. Jawa Tengah atau Jateng adalah sebuah provinsi Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau Jawa. Ibu kotanya adalah Semarang. Sumringah adalah bahasa Jawa yang artinya: bergembira dan penuh semangat. Ini bukan pengertian final, namanya diskusi, atmosfer akan menjadi lengkap dengan adanya pengayaan perspektif. Please, monggo, silaken dielaborasi. Intinya adalah memperluas cakrawala pandang para calon peserta Lomba Kartun Jawa Tengah yang jatah waktunya sangat sempit, tgl 14 November 2018 (pk 23.59), merupakan batas akhir pengiriman karya.

So. What Does Jawa Tengah Mean?
Lalu, apa arti Jawa Tengah itu sebenarnya?
Jawabannya ya lihat uraian yang ada di atas tadi.

Meskipun, pengertian Jawa Tengah secara geografis dan budaya kadang juga mencakup wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Jawa Tengah dikenal sebagai “jantung” budaya Jawa. Kendati demikian di provinsi ini ada pula suku bangsa lain yang memiliki budaya yang berbeda dengan suku Jawa seperti suku Sunda di daerah perbatasan dengan Jawa Barat. Ada pula warga Tionghoa-Indonesia, Arab-Indonesia dan India-Indonesia yang tersebar di seluruh provinsi ini.
Bahasa yang lazim digunaken: Bahasa Jawa, Indonesia, Sunda, Tiochiu, Mandarin.

Simbol atau Ikon-ikon budaya: Candi (Borobudur, Prmbanan, Dieng dll), Batik, Keris, blangkon (Surakarta), pakaian (lurik, dll), joglo (arsitektur), wayang kulit, wayang orang, gamelan, tembang (Macapat, dll), tari Jawa (klasik-modern), Kraton solo, dll.

Kisah Logo Jateng Gayeng Tiga Setengah Tahun yang Lalu (2015)

Saat peluncuran Jateng Gayeng, sebagai Identitas Baru Jawa Tengah

Launching Logo dan Tagline baru Jawa Tengah ini dihelat bersamaan dengan penutupan Pesta Rakyat Jawa Tengah sebagai puncak acara hari jadi Provinsi Jawa Tengah ke-65 tahun dan duantahun masa jabatan Ganjar Pranowo sebagai Gubernur Jawa Tengah, pada Minggu (23/8/2015) di halaman GOR Satria Purwokerto, Jawa Tengah. Tiga setengah tahun yang lalu.

Jateng Gayeng, dipilih dan ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Tim “Branding” Jawa Tengah yang diketuai oleh Mantan Gubernur Jawa Tengah Ali Mufiz dan beranggotakan budayawan, akademisi, pakar pemasaran, pakar desain grafis dan sebagainya yang melibatkan masyarakat luas untuk berpartisipasi di dalamnya.

Masyarakat tampak antusias mengikuti sayembara Logo dan Slogan baru Jawa Tengah ini. Tercatat 289 karya dari masyarakat seluruh Indonesia mengirimkan idenya untuk bisa dipakai sebagai Logo dan Slogan baru Jawa Tengah.

Jateng Gayeng, dipilih sebagai identitas baru Jawa Tengah yang memiliki makna penuh semangat, berani, tangguh, jujur, ramah, menggembirakan, harmonis, dan hangat. Hal tersebut dinilai mewakili identitas asli masyarakat Jawa Tengah. Logo dan Slogan ini telah menjadi identitas Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam rangka memasarkan dan mempromosikan berbagai potensi serta produk di Wilayah Jawa Tangah.

What is Jateng Gayeng?
Jateng Gayeng merupakan hasil karya dari Tonny Subagyo warga Depok, Jawa Barat yang lahir di Semarang. Menurut Tonny, cita-cita untuk mengembalikan identitas asli Jawa Tengah menjadi latar belakang dirinya menciptakan karya ini. “Hakikat dari Jateng Gayeng itu adalah mengembirakan; dalam arti mengembalikan masyarakat Jawa Tengah yang memiliki hati gembira. Dengan kegembiraan, akan muncul keramahan, optimisme, dan kesatuan dalam membangun Jawa Tengah,”

Itu juga tercermin dalam sembilan filosofi Jawa yang melandasi kehidupan, antara lain:: hidup bermanfaat, membangun keselamatan, kesejahteraan dan kebahagiaan, bijak dan sabar, menang tanpa merendahkan, tabah, tidak manja, tidak rakus, berlaku jujur dan selalu bersemangat.

Semoga dapat mengetuk pintu kreativitas para kartunis untuk melahirkan karya kartun yang jos gandhos cemeyos-meyos! Selamat merenung dan menemukan gagasan yang unggul dan edi peni. Ditunggu selalu karya anda semua!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *