Hasil Lomba dan Pameran Kartun Internasional BCF3 – 2019 Tema: Mental Juara

Salah satu acara inti dari Borobudur Cartoonist Forum 3 adalah Lomba dan Pameran Kartun Internasional dengan tema Mental Juara. Lomba yang diluncurkan sejak pertengahan Juli 2019 hingga 25 Oktober 2019 diikuti oleh kartunis dari 55 Negara – dari Afganistan hingga Venezuela. Jumlah kartunis yang berpartisipasi mencapai lebih dari 200 peserta dengan jumlah kartun yang masuk ke panitia lebih dari 750 karya.

Download Katalog BCF3 REVISI

Dari ratusan karya yang masuk ke panitia, telah dilakukan seleksi oleh Tim Juri Amarusa Parama (tujuh orang) secara berjenjang; dari 750 karya menjadi 200 terpilih, kemudian diseleksi lagi menjadi 100 karya; lalu dikerucutkan lagi menjadi 50 besar, menjadi 25 besar hingga akhirnya menjadi 9 besar. Proses ini tergolong alot dan ketat karena sudut pandang para juri yang beragam. Tak terelakkan kadang terjadi debat atau adu argumen yang seru. Semua itu dilakukan agar dapat dicapai kondisi yang “obyektif” dan selaras agar kepastian dan keputusan untuk mendapatkan 3 (tiga) kartun sebagai juara, bisa disepakati bersama.

Alahamdulillah, pada titik yang cukup menegangkan, para juri melakukan musyawarah untuk mencapai mufakat. Dan tiga kartun dari 9 besar akhirnya diputuskan sebagai juara dengan catatan: kehormatan maupun reputasinya sama atau setingkat; sama nilai sama tingkat.

Tiga kartun yang dinobatkan sebagai pemenang atau juara versi Amarusa Parama merupakan keputusan yang bersifat final dan mengikat. Tidak dapat diganggu-gugat. Bila di kemudian hari ditemukan ada karya pemenang yang tidak orisinal atau hasil meniru/menjiplak karya orang lain, maka sanksi moral itu menjadi tanggung jawab sang kartunis sendiri. Amarusa Parama sebagai penyelenggara telah mempercayakan proses kreatif itu pada para kartunis. Sebagai insan profesional Amarusa Parama berprasangka baik, bahwa mustahil kalau para kartunis melakukan suatu tindakan yang dapat mengakibatkan reputasinya ternoda.

Tiga kartun pemenang terpilih versi Amarusa Parama merupakan hasil pertimbangan dan kebijakan yang khas institusi ini karena pertimbangan-pertimbangan yang juga khas dan tipikal Amarusa Parama. Masing-masing pemenang mendapatkan hadiah uang cash sebesar IDR 5,000,000 (lima juta rupiah). Total hadiah untuk tiga pemenang sebesar IDR 15,000,000.

Ketiga pemenang itu adalah:

PEMENANG LOMBA N PAMERAN KARTUN INTERNASIONAL BCF3, 2019

MILENKO KOSANOVIC – SERBIA
Muhammad Nasir. INDONESIA
Valentin Druzhinin Russia

DEWAN JURI:
PRAMONO R PRAMOEDJO
LUKAS LUWARSO
ITOK ISDIANTO
YEHANA SR
NUR HIDAYAT
TRI AGUS SS
DARIES SUTOMO
DARMINTO M SUDARMO

Pengumuman pemenang dan pembagian hadiah – bersama para pemenang lomba kartun on the spot lainnya — dilakukan pada 3 November 2019 di akhir acara.

Acara-acara lainnya selain saresehan, Tribute to Dwi Koendoro, Cartoonist Action, Pentas Seni Tradisional, juga rembug nasional untuk menuju ke deklarasi Re-Organisasi New Pakarti dari asosiasi ke format federasi.

Pada hari kedua (3 November 2019) Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dijadwalkan akan menghadiri BCF3 dengan sejumlah agenda, salah satunya  melantik para pengurus Pakarti Baru hasil rembug nasional malam sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *